Jumat, 20 Mei 2022

Arus Balik Sudah 524 Ribu Orang Dan 119 Ribu Kendaraan Menyebrang Lapung-Merak

NEWSHEADLINEArus Balik Sudah 524 Ribu Orang Dan 119 Ribu Kendaraan Menyebrang Lapung-Merak

PristiwaNews | Lampung – Terhitung selama kurun waktul 3-7 Mei 2022 (5 hari) arus balik lebaran Idul Fitri 1443 H tercatat sebanyak 524.816 orang penumpang (jalan kaki dan dalam kendaraan) dan 119.161 unit kendaraan (roda dua dan empat) dari berbagai daerah di Sumatra telah menyeberang ke Pulau Jawa.Dini hari (09/05/2022)

Jumlah itu pun masih akan terus bertambah, karena hingga Senin dini hari ini penyeberangan masih terus berjalan, dan kepadatan pemudik yang terlibat arus balik terus terjadi.

Senin Dini hari Terminal Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada dini hari ini per pukul 01.40 WIB, penumpang masih harus menunggu sekitar satu jam untuk memasuki feri yang akan menyeberangkan mereka dari Pulau Sumatra ke Jawa.

Selain itu, berdasarkan pantauan sebelumnya gerbang tol pelabuhan Bakauheni masih dipadati kendaraan, namun terbilang lancar.

Kemudian  pemudik pejalan kaki mulai lengang sekitar pukul 22.35 WIB, Minggu (8/5) di Pelabuhan Bakauheni.

Sementara itu, berdasarkan data angkutan arus mudik lebaran PT. ASDP Cabang Bakauheni, Lampung Selatan dalam per 24 jam pada Rabu (3/5) hingga Sabtu (7/5), sebanyak 524.816 penumpang arus balik lebaran dari Pulau Sumatera telah menyeberang di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Ratusan ribu penumpang itu, rinciannya sebanyak 40.745 orang penumpang pejalan kaki dan 484.0721 penumpang dalam kendaraan.

Kemudian untuk kendaraan yang telah menyeberang sebanyak 119.161 unit kendaraan. Rinciannya, sebanyak 45.196 unit kendaraan roda dua, lalu 69.106 unit roda empat (pribadi), bus 1.920 unit dan 2.939 unit kendaraan truk/lebih.

Dalam melayani penyeberangan arus balik lebaran 2022 selama lima hari ini, armada kapal yang dioperasikan dalam 24 jam tersebut sebanyak 198 kapal dengan 626 trip penyeberangan.

Penyeberangan Ramai Meski Ada Relaksasi Masuk Kerja dan Libur Sekolah
Sebagai informasi, puncak arus balik mudik lebaran 2022 di Pelabuhan Bakauheni, terjadi pada Sabtu malam lalu sesuai prediksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Listyomengungkap hal itu ketika dalam kunjungannya di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu sore.

“Peningkatan (lonjakan) penumpang arus balik lebaran tahun 2022 ini, diprediksikan bakal terjadi Sabtu (7/5) malam ini,”kata Listyokala itu.

Mengenai skema menghadapi puncak arus balik, lanjut Kapolri, pihaknya sudah mempersiapkan fasilitas menyambut kedatangan puncak arus balik lebaran.

“Saya sudah melihat bagaimana skema dalam mengatur sejumlah lokasi, seperti rest area misalnya yakni sebagai tempat untuk menampung pemudik jika terjadi kemacetan. Untuk penambahan dermaga, yakni di Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ),”ujar Listyo.

Di satu sisi, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan meski pemerintah telah mengumumkan imbauan relaksasi jadwal masuk kerja bagi karyawan dan perpanjangan libur sekolah pasca lebaran 2022, arus kendaraan dan penumpang yang menggunakan kapal feri arus balik lebaran tetap ramai di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan.

“Reservasi tiket online Ferizy untuk akhir pekan ini, rata-rata sudah sold out. Pengguna jasa penyeberangan, memang banyak yang telah membeli via Ferizy untuk keberangkatan tanggal 6-10 Mei 2022,” kata dia, Minggu siang.

“Melihat data arus balik mudik lebaran dari Sumatra, akan terdistribusi merata hingga pekan depan. Apalagi relaksasi jadwal bekerja bagi karyawan dan masa libur sekolah telah diperpanjang oleh pemerintah,” imbuhnya.

SAMBUTAN
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Girl in a jacket
Terbaru
POPULER

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini