Kamis, 13 Juni 2024

VIRAL! Banten Punya Kerajaan Angling Dharma

NEWSVIRAL! Banten Punya Kerajaan Angling Dharma

Pristiwa.com | PANDEGLANG – Jagat maya dihebohkan dengan munculnya seseorang yang disebut raja di Kabupaten Pandeglang, Banten, bernama Sultan Jamaludin Firdaus. Raja itu diberitakan membangun puluhan rumah dan memiliki tempat yang disebut Kerajaan Angling Dharma.

Lokasi kerajaan ini berada di Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang.

Pantauan Kompas.com, Rabu (22/9/2021), kerajaan itu terletak di pinggir Jalan Raya Mandalawangi.

Bangunannya luas dengan gapura setinggi sekitar empat meter. Di atas gapura tertulis tulisan “Indonesia Aman Tentram Gemah Ripah Loh Jinawi”.

Bangunan utama rumah bercat warna putih. Di bagian atasnya tertulis “Angling Dharma” berukuran besar.   Di halaman bangunan utama berkibar bendera Merah Putih. Juru bicara Sultan Jamaludin Firdaus, Ki Jamil Badranaya mengonfirmasi perihal berita itu.

Lihat Foto Rumah warga yang dibangun oleh Baginda Jamaludin memiliki ciri khas, yakni bertuliskan Angling Dharma di bagian atasnya.(KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDIN) Dia menyebut Sultan Jamaludin bukan seorang raja dan Angling Dharma bukan sebuah kerajaan.

Angling Dharma, kata Jamaludin, merupakan sebuah perumahan. Dia keberatan lingkungan rumah itu disebut kerajaan dan dipanggil raja untuk pemiliknya. “Saya klarifikasi yang ramai keberadaan Kerajaan Angling Dharma di Pandeglang. Sebetulnya itu tidak ada.

Beliau tidak mendirikan kerajaan atau ada kerajaan di sana. Beliau bekerja di bidang sosial,” kata Jamil kepada wartawan di Mandalawangi, Rabu. Di lingkungan rumah, Sultan Jamaludin Firdaus dipanggil baginda. Sebutan raja muncul tiba-tiba saat pemberitaan yang viral.

Lihat Foto Rumah warga yang dibangun oleh Baginda Jamaludin memiliki ciri khas, yakni bertuliskan Angling Dharma di bagian atasnya.(KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDIN) Jamil juga mengklarifikasi terkait foto-foto yang beredar tentang Jamaludin berpakaian ala raja dan duduk di singgasana.

Kata dia, itu adalah gaya sehari-hari Jamaludin yang memang dikenal nyentrik, seperti berkaca mata, menggunakan kalung, dan sebagainya. Lihat Foto Heboh muncul sosok raja Kerajaan Angling Dharma di Pandeglang, ternyata bernama Sultan Jamaludin Firdaus (82) yang memang disebut Baginda oleh santri dan pekerjanya.

Ia disebut memiliki gaya busana nyentrik dan memiliki rumah bak kerajaan dengan nama Angling Dharma. (DOK. ISTIMEWA/Ki Jamil Badranaya) Di lingkungan Angling Dharma dihuni oleh sejumlah orang yang merupakan santri hingga pekerja yang membangun rumah warga yang dibantu oleh Jamaludin.

Jamil membenarkan Jamaludin telah membangun 30 rumah untuk warga. Rumah yang dibangun memiliki ciri khusus, salah satunya bertuliskan Angling Dharma.  (*)

ADVERTISEMENT
Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.