Kamis, 23 Mei 2024

3 Cara Jitu Naikan Gaji Yang Santun

NEWS3 Cara Jitu Naikan Gaji Yang Santun

Pristiwa.com | CARA JITU NAIK GAJI – Bagi para pekerja meningkatkan penghasilan dengan jalan kenaikan gaji adalah kebahagiaan. Meski begitu, kenaikan gaji bukanlah perkara mudah, tapi bukan pula hal mustahil.ada 3 Cara Jitu Naikan Gaji Yang Santun

Karena untuk Memenuhi kebutuhan hidup yang semakin besar bersamaan dengan besarnya beban kerja seringkali membuat kita merasa frustasi. Tak jarang ‘gaji yang sedikit’ membuat orang-orang jenuh apalagi jika beban pekerjaan semakin berat, tak sebanding dengan gaji yang diterima. Sebagai seorang pekerja yang membutuhkan uang untuk kebutuhan hidup, memang kita juga harus realistis

“Pendapatan yang tidak seimbang apalagi jika gaji sudah kecil namun pekerjaan yang diberikan sangat jauh lebih berat dari pendapatan yang diterimanya, Maka dari itu, beberapa orang memutuskan untuk mengajukan kenaikan gaji kepada atasan atau perusahaan”

Dalam hal ini apakah etis ketika seorang pekerja meminta dinaikkan gajinya? Jawabannya adalah sah-sah saja selama kamu menyampaikan permohonan tersebut dengan penuh rasa kesopanan.

Gaji sendiri ibarat sebuah penghargaan (imbalan) yang diberikan oleh perusahaan sebagai bayaran atas pekerjaan yang telah kita lakukan secara profesional. Agar permohonan kenaikan gaji kamu diterima dengan baik oleh atasan, tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut adalah penjabaran lengkap tentang Cara Jitu Naikan Gaji Yang Santun yang bisa kamu terapkan:

Cara Naik Gaji dengan Cepat

Untuk bisa mendapatkan kenaikan gaji dari bos, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai seorang pekerja.

Menaikkan Performa dalam Bekerja

Tips pertama yang perlu kamu lakukan agar gaji naik adalah dengan meningkatkan performa dalam bekerja. Karena apa yang kamu kerjakan, akan seimbang dengan apa yang didapatkan nantinya. Oleh karena itu, jika ingin gaji naik maka profesionalisme dalam bekerja juga harus dinaikkan. Bener Gak Sih?

Evaluasi kerja

Tentu saja ada alasan mengapa atasan memberikan kamu gaji dengan besaran yang tidak sesuai ekspektasi. Untuk mengetahui alasan tersebut, cobalah untuk mengevaluasi kinerja yang telah kamu lakukan selama ini. Jika memang ada kekurangan, kamu bisa menggunakan tips pertama untuk memperbaikinya.

Fokus dan Menjadikan Pekerjaan Sebagai Prioritas

Tips yang ketiga juga bisa kamu lakukan setelah melakukan evaluasi kinerja. Bersamaan dengan menaikkan performa dalam bekerja, kamu juga bisa fokus serta menjadikan pekerjaan tersebut sebagai prioritas utama. Dengan fokus terhadap pekerjaan yang diberikan, maka atasanmu akan memberikan apresiasi, salah satu bentuknya tentu adalah menaikkan gaji atau bonus.

Menonjolkan Skill

Terkadang, salah satu alasan mengapa gaji yang kamu dapatkan kecil adalah karena atasan menganggap bahwa kamu tidak memiliki skill yang memadai. Agar tidak dicap seperti demikian, maka cara yang paling tepat adalah dengan menunjukkan skill atau kemampuan yang kamu miliki. Jangan pernah berpikir kalo dengan menunjukkan skill artinya sombong, toh semua itu tergantung niatnya kan?

Selain gaji dinaikkan oleh atasan, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan citra yang baik di hadapan bos. Dengan begitu, kamu juga akan lebih dipercaya untuk mengerjakan project lain selanjutnya.

Ikut Andil di Dalam Project Penting Perusahaan

Tips terakhir ini masih berkaitan dengan tips yang keempat. Orang yang tidak berani maju biasanya tidak mudah untuk dikenali dan berujung pada tenggelamnya nama mereka di antara banyaknya orang yang berebut untuk bisa ada di barisan terdepan. Jika kamu juga termasuk orang yang memiliki mindset tersebut, mungkin saat ini harus segera diubah. Mulailah untuk berpartisipasi jika ada project perusahaan yang besar.

Kenaikan Gaji Berkala

Kenaikan Gaji Berkala atau KGB merupakan kenaikan gaji yang perusahaan berikan pada PNS atau Pegawai Negeri Sipil saat sudah mencapai masa kerja golongan yang telah ditentukan. Adapun masa kerja yang dimaksud adalah setiap dua tahun sekali. Dan ketika persyaratan telah terpenuhi, maka kenaikan gaji bisa dilakukan.

Cara Minta Naik Gaji ke Atasan

Meminta gaji dinaikkan memang tidak salah, namun harus tetap memakai etika yang sopan terhadap atasan. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk minta naik gaji ke atasan:

  • Meriset rata-rata gaji yang sesuai dengan posisi kamu saat ini
  • Menentukan jadwal dan membuat janji dengan atasan atau HRD
  • Menyiapkan kata-kata yang sopan dibalik alasan kamu meminta kenaikan gaji
  • Melakukan negosiasi dengan atasan secara tatap muka jika memungkinkan ya
  • Menyampaikan alasan pengajuan kenaikan gaji
  • Mengusulkan kisaran gaji yang seharusnya kamu terima
  • Jangan hanya pikirkan uang, pikirkan juga kenaikan benefit lainnya
  • Ucapkan terima kasih apapun keputusannya

Jika kamu telah melakukan semuanya dengan baik dan sopan namun pengajuan kenaikan gaji tersebut ditolak, barangkali kamu baru bekerja atau belum bekerja lebih dari setahun. Tentunya, hanya kamu yang tau alasan kenapa perusahaan menolak pengajuan kenaikan benefit tersebut ya… Dari alasan penolakan tersebut bisa jadi masukan dan jadi bahan evaluasi agar ‘next time‘ pengajuanmu bisa diterima.

Jika menurutmu alasan penolakan dari pihak perusahaan tidak relevan, ada baiknya mempersiapkan diri untuk mencari perusahaan yang lebih baik lagi. Jangan lupa ya, dipertimbangkan baik-baik lagi jika ingin pindah perusahaan, barangkali saat kamu pindah di perusahaan baru, realitanya perusahaan sebelumnya lebih baik dari perusahaan baru itu.

Demikian informasi singkat tentang cara naik gaji yang bisa kita sampai-kan kepada atasan. Kesimpulannya, meminta gaji dinaikkan memang boleh tapi tetap mengedepankan etika ya. Selain itu, jangan terlalu lama mempertimbangkan mengajukan permohonan kenaikan gaji agar keputusannya segera kamu ketahui dan segera diproses. (*)Red

ADVERTISEMENT
Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.