Senin, 4 Maret 2024

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

TIPS & TRIKCara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Pristiwa.com | JAKARTA – Cara Menghilangkan Jerawat (acne) terkadang sangat mengganggu yang sering dialami baik wanita dan pria, karena terdapat raut wajah, dan sangat mengurangi kecantikan dan ketampanan seseorang, Pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Dalam hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan komedo, terkadang berisi nanah di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. Dikutip dari Halodoc

Beberapa Penyebab Jerawat

  • Produksi sebum berlebih, Sebum adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.
  • Penyumbatan pada folikel rambut oleh campuran sel kulit mati dan sebum.
  • Bakteri (jenis Propionibacterium acnes yang berkembang), menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan infeksi atau peradangan.
  • Faktor genetik atau keturunan, kamu bisa mengalami jerawat jika salah satu orangtua juga memiliki masalah jerawat.
  • Folikel yang tersumbat bisa membengkak (radang) dan membentuk komedo putih atau komedo hitam jika terpapar dengan dunia luar. Kondisi tersebut sebaiknya jangan dianggap remeh, karena bisa berkembang menjadi pustula, papula, nodul, atau bahkan kista, apabila terkontaminasi oleh bakteri kulit.
  • Hormon, yaitu saat aktifitas hormon androgen berlebih atau saat terjadi perubahan hormon saat masa menstruasi.
  • Penggunaan kosmetik yang tidak selalu dapat ditoleransi oleh kulit setiap orang.
  • Stres yang dapat memengaruhi gaya hidup seseorang, termasuk dalam pola makan yang dapat memicu jerawat.

Faktor Lain Munculnya Jerawat

  • Gesekan kulit dengan benda, misalnya jerawat di wajah akibat terlalu sering mengenakan penutup kepala, jerawat di leher karena pemakaian baju yang terlalu ketat di bagian kerah, atau jerawat di punggung akibat sering menggunakan ransel.
  • Kebiasaan merokok.
  • Keturunan, jika terdapat anggota keluarga yang bermasalah dengan jerawat.
  • Konsumsi obat yang mengandung litium, kortikosteroid, atau obat antikejang.
  • Masa pubertas, akibat peningkatan aktivitas hormon testosteron yang memicu kelenjar minyak menghasilkan sebum dalam jumlah lebih banyak.
  • Penggunaan kosmetik.
  • Perubahan hormon, misalnya menjelang menstruasi, tiga bulan pertama masa kehamilan, atau akibat PCOS.
  • Stres, yang dapat memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada.
cara menghilangkan jerawat secara alami

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Air Beras

Air beras memiliki kandungan allantoin yang dapat membantu mengatasi jerawat. Allantoin merupakan senyawa antibakteri yang berfungsi efektif menenangkan kulit berjerawat.
Selain itu, air beras juga memiliki sifat yang dapat mengontrol minyak. Sehingga wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan terhindar dari minyak di kulit.

Madu

Cara hilangkan jerawat selanjutnya, yaitu menggunakan madu. Sejak dulu, madu dikenal menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Banyak sekali produk perawatan wajah yang menggunakan madu sebagai bahan utama pembuatannya.

Pasalnya, madu memiliki kandungan zat yang baik untuk melindungi kulit dari kerusakan, seperti menghilangkan bekas cacar jerawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu ke permukaan kulit wajah dan diamkan beberapa menit, setelah itu bilas memakai air bersih secukupnya.

Air Lemon

Jeruk lemon merupakan salah satu jenis buah yang populer di Indonesia. Buah yang memiliki rasa masam ini kerap diolah menjadi berbagai macam minuman. Selain memiliki cita rasa yang menyegarkan, jeruk lemon kaya akan nutrisi yang mampu menghilangkan bekas cacar.

Melansir dari Health Benefit, jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat mengatasi iritasi kulit. Selain itu, jeruk lemon juga berfungsi efektif membakar lemak perut berlebih, sehingga sangat cocok untuk membantu program diet.

Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai antioksidan dalam membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Selain itu, kandungan ini juga berperan penting dalam menghilangkan bekas cacar, membersihkan kotoran pada wajah, dan membantu mengencangkan kulit wajah.

Cara mendapatkan manfaat dari buah pepaya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan pepaya kemudian menggunakannya sebagai masker wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih.

Lidah Buaya

Cara hilangkan jerawat secara alami lainnya, yaitu dengan lidah buaya. Beberapa kandungan yang terdapat pada lidah buaya dipercaya efektif dalam menjaga kesehatan kulit wajah.

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, E, dan C yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah. Selain itu, kandungan enzim pada lidah buaya juga dapat menghambat proses penuaan dini.

Soda Kue

Cara hilangkan jerawat dengan cepat selanjutnya, yaitu dengan soda kue. Selain dapat membantu menyembuhkan gatal pada kulit wajah, soda kue juga bisa digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan baking soda dengan beberapa minyak kelapa dalam satu cangkir, lalu oleskan pada area kulit wajah yang mengalami jerawat.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan soda kue yaitu hindari penggunaan terlalu lama, pasalnya hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit.

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan sehat yang sering digunakan untuk membantu program diet. Rasanya yang manis dan lezat menjadikan oatmeal sangat cocok untuk menu sarapan. Selain itu, oatmeal juga mudah didapatkan karena kini banyak ditemui oatmeal dalam bentuk instan.

Makanan berbahan dasar oat ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram oat mengandung 9,9 hingga 14,9 gram total serat. Sehingga makanan ini berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan dan sangat cocok dijadikan menu diet. Tak hanya itu, oatmeal juga mengandung antioksidan yang dapat membantu penyembuhan masalah kulit.

Cara menggunakan oatmeal untuk menghilangkan bekas jerawat cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan oatmeal dingin pada bekas jerawat. Setelah itu, diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan air hangat.

Kayu Manis

Cara hilangkan jerawat secara alami selanjutnya, yaitu dengan kayu manis. Beberapa penelitian menyebutkan madu dan kayu manis memiliki kemampuan untuk menghilangkan bakteri serta mengurangi peradangan yang disebabkan jerawat.

Selain itu, kayu manis juga kaya akan antioksidan yang mampu meredakan jerawat meradang. Caranya mudah, campurkan kayu manis dengan madu, lalu oles ke bagian wajah yang terkena jerawat. Setelah itu, bilas hingga bersih dan lakukan cara ini secara teratur.

Cara Mencegah Munculnya Jerawat

  • Rutin membersihkan wajah.
  • Tetap terhidrasi dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari.
  • Gunakan pelembap yang bertekstur ringan.
  • Kurangi penggunaan make up.
  • Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor.
  • Kurangi paparan sinar matahari.
  • Atasi stres.

Demikian Beberapa cara mudah menghilangkan Jerawat dengan mudah dan cepat dengan bahan-bahan alami dan tidak perlu mengeluarkan uang banyak,dan dengan cepat untuk kulit akan halus kembali, Selain itu, jika Anda rutin menggunakannya setiap hari, maka masalah seperti kulit berjerawat ataupun bekas jerawat yang sulit dihilangkan pun dapat di atasi dengan mudah.

ADVERTISEMENT
Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.