Kamis, 23 Mei 2024

Dijadikan Tersangka Alex Noerdin, Anaknya Diprediksi Sulit Mencalonkan di Pilgub Sumsel

NEWSDijadikan Tersangka Alex Noerdin, Anaknya Diprediksi Sulit Mencalonkan di Pilgub Sumsel

Pristiwa.com | PALEMBANG – Anggota DPR RI dari Golkar Alex Noerdin ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Agung RI. Mantan gubernur Sumsel dua periode itu terjerat kasus korupsi.

Dikenal sebagai politisi senior Golkar, Alex Noerdin mewarisi keahliannya di perpolitikan kepada anaknya Dodi Reza Alex. Saat ini Dodi merupakan Bupati Muba.

Dodi digadang-gadang akan maju ke Pilkada 2024 Sumsel. Pengamat politik, Bagindo Togar, mengatakan kasus Alex Noerdin bakal mempengaruhi eskalasi politik Sumsel di tahun 2024 mendatang.

Alex Noerdin sebagai tokoh politik sentral dan berpengaruh di Sumsel.

Maka ditetapkannya mantan Bupati Muba tersebut sebagai tersangka akan memiliki pengaruh besar terhadap pilkada khususnya Pilgub Sumsel

“Beliau tokoh politik sentral dan besar dari suatu parpol yang cukup besar dan senior. Selama ini di Sumsel Alex memang sangat besar pengaruhnya dalam konstentasi politik Sumsel,” kata Baginda, Kamis (16/9/2021).

Dengan kondisi Alex Noerdin jadi tersangka, Bagindo menilai akan membuat Dodi berpikir kembali jika ingin bertarung di Pilgub 2024 menghadapi petahana.

“Dengan begitu besarnya pengaruh Alex di tahun 2018 saja ia masih gagal. Apalagi 2024 mendatang dengan kondisi Alex Noerdin saat ini,” jelas mantan ketua IKA Fisip Unsri tersebut.

Ditetapkannya mantan ketua DPD Golkar Sumsel tersebut sebagai tersangka, juga bakal membuat tokoh politik atau kelompok yang berpihak dengan Alex Noerdin akan berpikir ulang pada pertarungan pilkada 2024.

Selama ini, peta politik di Sumsel kerap berorientasi pada ketokohan seorang Alex Noerdin.

Maka tidak heran akan ada kegoyahan dan kurangnya power Dodi serta barisan Alex Noerdin lainnya.

“Untuk sentral mereka sekarang bermasalah ke hukum. Tentu akan terganggu, terutama putranya. Apalagi Dodi Reza saat ini ketua Umum Golkar Sumsel,” ujarnya.

Dengan kondisi sekarang, Dodi Reza dianggap lebih realistis tetap bertarung di Pilkada Muba 2024 mendatang.

Dimana peluang untuknya terpilih kembali lebih besar.

Selain itu, usianya juga tergolong masih muda. Jika bertarung di tahun 2029 tentu Dodi akan semakin matang dan kasus hukum Alex Noerdin bakal terkikis.

“Eeknya otomatis ada limpahan kemudahan (untuk petahana). Jelas eskalasi politik akan berubah, Dodi lebih realistis kembali maju di Muba,” bebernya.

Editor/DR

ADVERTISEMENT
Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.