Kamis, 13 Juni 2024

Google Tepat Hari Jadinya ke-23, Rangkuman Sejarah Google hingga Google Menjadi Sekarang

NEWSGoogle Tepat Hari Jadinya ke-23, Rangkuman Sejarah Google hingga Google Menjadi Sekarang

Pristiwa.com | JAKARTA – Hari kita dapat lihat di Laman Google, Banyak sekali kue tart dan lilin ulang tahun menampilkan genap Google berulang tahun yang ke 23 tahun, pada hari ini senin (27/9/2021)

Menampilkan pula Google Doodle tersebut terdiri dari huruf Google berbentuk kue dengan hiasan coklat dan meses warna-warni. menandakan hari ke gembiraan keluarga besar Google. Huruf “l” adalah lilin yang berkedip-kedip di atas kue tart dua tingkat dan terdapat angkat “23”.

Setelah beberapa detik, lapisan bawah kue tart terlihat memiliki wajah kartun yang lucu.Kemudian, sebuah tangan terulur dan mengangkat kue tart atas, seolah-olah menyapa.Perayaan ulang tahun Google disambut oleh pengguna Google di seluruh dunia.Mesin pencari ini memiliki perjalanan yang panjang hingga dapat diakses oleh semua orang.

Untuk mengetahui perjalanan Google lebih jauh, simak rangkuman sejarah Google berikut ini. Suatu pertemuan kebetulan dapat mengubah jalan hidup pencipta Google, dikutip dari google.com.

Pertemuan yang kebetulan ini terjadi pada dua ilmuwan komputer yang mengubah arah Internet dan kehidupan jutaan orang.

Sergey Brin, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Stanford, kebetulan ditugaskan untuk menemani Larry Page berkeliling kampus. Larry Page adalah seorang calon mahasiswa pascasarjana yang sedang mempertimbangkan Stanford untuk sekolah pascasarjananya pada tahun 1997.

Mereka, dua pendiri Google, membuat mesin pencari bersama di kamar asrama serta mengembangkan prototipe pertama mereka pada tahun 1998. Mesin pencari itu diberi nama Google Inc.

Sejak saat itu Google mengalami perkembangan yang cukup pesat.Ada miliaran pencarian di Google dalam lebih dari 150 bahasa di seluruh dunia dalam sehari.Server pertama Google bertempat di dalam lemari yang terbuat dari balok mainan.

Kemudian, server Google berkembang hingga sekarang ditempatkan di lebih dari 20 pusat data secara global. Misi dari Google adalah menyediakan software yang dapat di akses oleh semua orang di seluruh negara di dunia.

Google berulang tahun setiap tanggal 27 September dan saat ini Google berusia 23 tahun. Selama tujuh tahun pertama Google merayakan ulang tahun pada tanggal tersebut. Kemudian, dua pendiri Google memutuskan untuk menggeser perayaan ke 27 September.

Tanggal tersebut bertepatan dengan pengumuman rekor jumlah halaman yang diindeks oleh mesin pencari Google. Sejarah doodle (ikon Google) berawal dari tahun 1998, sebulan sebelum Google didirikan.

Doodle pertama Google ditampilkan di acara “Burning Man” yang sudah berjalan lama di Black Rock City, Nevada, Amerika Serikat. CEO Google saat ini adalah Sundar Pichai. Sundar Pichai menggantikan Larry Page pada 24 Oktober 2015

Kemudian, perusahaan Alphabet menjadi perusahaan induk sekaligus mantan anak perusahaan Google. Sedangkan, nama “Google” merupakan rekonstruksi dari istilah angka matematika yaitu 10100, dikutip dari 9To5Google. Para matematikawan menyebut angkat tersebut sebagai “googol”.

Di luar itu, kantor pusat Google, yang sekarang dikenal sebagai “Googleplex,” adalah permainan dari jumlah yang lebih besar, “googolplex,” yaitu 10 pangkat googol.Tampilan beranda Google.com Doodle dalam festival Burning Man, seperti yang disebut sebelumnya, menampilkan huruf-huruf “Google” yang dilapisi frosting dan taburan cokelat.

Saat ini Google merayakan ulang tahun yang ke-23 di berbagai belahan dunia. Google memberi penawaran khusus dari Google Store sebagai kunci item promosi/diskon saat Pixel 6 diluncurkan bulan depan.

Lihat juga berbagai koleksi Doodle ulang tahun dari Google yang pernah muncul di beranda Google, di sini.

Editor/DR

Sourcetribun
ADVERTISEMENT
Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.