Senin, 4 Maret 2024

Kurangnya Lapangan Pekerjaan Hingga Pensiunan Polisi Menjadi Manusia Silver

TRENDINGKurangnya Lapangan Pekerjaan Hingga Pensiunan Polisi Menjadi Manusia Silver

Pristiwa.com | SEMARANG – Pensiunan polisi Aipda (purn) Agus Dartono (61) sempat menjadi manusia silver dan diciduk Satpol PP Kota Semarang. Saat ini Agus ditawari pekerjaan untuk menjadi sekuriti.
Hari ini Agus diajak bertemu dengan Wakapolrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha. Saat ini Agus sedang dipersiapkan untuk menjadi petugas keamanan namun belum diketahui penempatannya.

“Untuk itu yang bersangkutan kami upayakan mempekerjakan sebagai tenaga sekuriti atau mungkin PHL di Mapolrestabes. Tapi sebelum itu, berlaku persyaratan, akan cek termasuk pelatihan dan koordinasi dengan PP (Persatuan Purnawirawan) Polri,” kata Iga di Mapolrestabes Semarang, Senin (27/9/2021).

Iga menjelaskan usai pensiun, Agus kurang berkomunikasi dengan PP Polri atau dengan rekan sesama pensiunan sehingga ketika dia butuh bantuan tidak ada yang tahu. Menurut Iga, PP Polri cukup memperhatikan anggotanya.

“Sejauh ini yang saya tahu bahwa organisasi Persatuan Purnawirawan Polri cukup memperhatikan. Ketika masuk pensiun dia sudah otomatis tergabung. Tinggal bagaimana person ini mau aktif tidak. Ketidakaktifan inilah mungkin, sehingga tidak terkomunikasikan ke teman atau mantan komandan,” jelasnya.

Sementara itu, Agus mengaku menjadi manusia silver sekitar sepekan ini. Dia juga mengaku uang pensiunannya tiap bulan tinggal Rp 800 ribu karena menyicil utang. Usaha jadi sopir angkutan umum juga sudah tidak mencukupi apalagi di masa pandemi.

“Gaji pensiun saya, utang di bank. Tinggal Rp 800 ribu,” kata Agus.

Agus juga menceritakan saat ini tinggal sendiri karena sudah bercerai. Agus memiliki 4 anak, 3 sudah menikah dan satu masih kuliah namun tinggal dengan ibunya.

“Kita mau minta anak kan malu. Makanya terpaksa kerja seperti itu,” ujar Agus yang kemudian menangis saat ditanya soal mantan istri dan anaknya.

Agus juga mengaku tidak akan mengulangi perbuatan meminta-minta di jalan seperti itu. Agus berterima kasih karena diperhatikan dan ingin segera bekerja.

“Terima kasih, jadi sekuriti ini ya mengabdi ke pabrik sama seperti mengabdi ke negara,” ujarnya.

Untuk diketahui, Agus diciduk Satpol PP saat menjadi manusia silver di arteri Yos Sudarso Semarang hari Jumat (24/9) lalu. Peristiwa itu viral setelah diketahui Agus merupakan pensiunan polisi.

Editor/Ris

SourceDetik.com
ADVERTISEMENT
Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.