Senin, 4 Maret 2024

Menteri Kesehatan Ungkap Menurunnya Kasus Covid-19 di Indonesia Secara Drastis

NEWSMenteri Kesehatan Ungkap Menurunnya Kasus Covid-19 di Indonesia Secara Drastis

Pristiwa.com | Penurunan kasus Covid-19 di Indonesia yang begitu cepat membuat Pemimpin Partai Aksi Demokratik (DAP) Malaysia Lim Kit Siang heran. Menanggapi hal itu, Kementerian Kesehatan RI mengungkap rahasianya. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hal itu bisa terjadi berkat kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM yang diterapkan oleh Indonesia. “Ini terutama karena kebijakan PPKM yang sudah sejak awal kita terapkan,” ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Selain itu, menurut Nadia, dukungan dari masyarakat terhadap kebijakan PPKM juga mempengaruhi penurunan kasus Covid-19 di Indonesia. “Dukungan masyarakat terhadap upaya bersama untuk menerapkan PPKM yang menjadi kunci kita bisa menurunkan laju penularan.

Kerja sama untuk intervensi yang dilakukan pemda, provinsi, dan kabupaten/kota sinergisitas dalam pelaksanaan PPKM sama dengan kebijakan pusat,” kata Nadia. Yang tak kalah penting adalah berkat dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak.

“Yang penting juga adalah dukungan dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat termasuk juga dengan para ahli seperti epidemiologi, klinisi, organisasi profesi, organisasi masyarakat,” katanya.

Percepatan vaksinasi di Indonesia, kata Nadia, juga mempengaruhi turunnya kasus corona di Indonesia dengan cepat. “Percepatan vaksinasi termasuk dukungan masyarakat untuk vaksinasi. Sehingga tidak banyak penolakan terhadap vaksinasi,” jelas Nadia. Komitmen yang kuat dari para tenaga kesehatan dan para relawan juga menjadi kunci keberhasilan Indonesia dalam menurunkan kasus corona.

“Walaupun ditambah risiko penularan tinggi, menghadapi situasi kasus banyak dalam waktu singkat para nakes tetap berupaya memberikan upaya yang terbaik. Selain itu, kita melihat para relawan dari masyarakat yang juga banyak mendukung dengan cara terjun langsung ke warga yangg sedang isolasi mandiri,” jelas Nadia.

(Editor/Dr)

SourceKompas
ADVERTISEMENT
Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.