Kamis, 23 Mei 2024

Papua Meresmikan Pembukaan PON XX Dengan Sangat Meriah

NEWSPapua Meresmikan Pembukaan PON XX Dengan Sangat Meriah

Pristiwa.com | Jakarta – Malam pembukaan acara Pekan Olahraga Nasional XX atau PON Papua Telah dibuka di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, dalam Serangkaian acara pembukaan dimulai pukul 19.00 WIT sabtu (02/10/2021)

Puluhan penari menarikan tarian tradisional diikuti dengan tulisan “Selamat Datang Papua.” Video hitung mundur diputar dengan burung cendrawasih.

Dalam acara pra-pembukaan PON Papua ditayangkan video yang menakjubkan suatu keindahan alam Papua, termasuk Danau Sentani, Tugu Arthur, situs Megalitik, juga kerajinan tangan, serta suguhan khas Papua, di antaranya Papeda dengan kuah kuning yang rasanya sangat khas daerah Papua.

“Kota dengan keanekaragaman yang terangkai menjadi sebuah harmoni, menyambut hangat jiwa-jiwa baru yang datang,” Sederetan Visual Video yang menunjukan Serangkaian penjelasan dari tayangan gambar tersebut.

Upacara pembukaan PON XX menceritakan Papua masa dulu, masa kini, hingga masa yang akan datang. Tampilan pertunjukan kreatif dan budaya itu mengusung pesan kebangkitan anak-anak Papua pada masa depan.

PON Papua sekaligus menjadi momentum bagi anak-anak muda Bumi Cenderawasih untuk bangkit dan berprestasi dalam olahraga, Beberapa cabang yang di pertandingkan akan mendapkan mendali Emas dengan tekad dan kerja keras.

Sejumlah selebritas nasional dan artis Papua turut memeriahkan Upacara Pembukaan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Jayapura itu.

Mereka antara lain Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku sebagai pembawa acara sebelum upacara pembukaan berlangsung.

Edo Kondologit, Tulus, Ruth Sahanaya, Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay dan Lea Simanjuntak akan mengisi acara sebelum PON XX dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kemudian, terdapat pula artis Papua antara lain Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice, dan Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

Sebanyak 40 ribu kursi disiapkan bagi para penonton. Jumlah itu merupakan 25 persen dari kapasitas total Stadion Lukas Enembe.

Ratusan tenaga medis juga telah bersiaga selama upacara pembukaan PON 2021 itu. Mereka disebar di sejumlah titik di area stadion seperti di pintu masuk hingga di dalam stadion.

PON Papua akan berlangsung hingga 15 Oktober. Sebanyak 6.442 atlet akan bersaing memperebutkan medali dalam PON kali ini. Jawa Barat merupakan juara bertahan.

Sebelum pembukaan, sejumlah cabang olahraga sudah dipertandingkan. DKI Jakarta saat ini masih merajai klasemen perolehan medali PON Papua dengan 28 emas, 15 perak, 20 perunggu. Tuan rumah Papau di posisi kedua dengan 17 emas, 5 perak, 13 perunggu. Posisi ketiga ditempati Jawa Barat dengan 11 emas, 15 perak, dan 25 perunggu.

(Editor/Ris)

ADVERTISEMENT
Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.