Senin, 26 Februari 2024

Soal Pupuk Bersubsidi Langkah, Bupati Taput : Lapor Dimana Daerahnya

NEWSSoal Pupuk Bersubsidi Langkah, Bupati Taput : Lapor Dimana Daerahnya

PristiwaNews | Tapanuli Utara – Pada rangkaian Temu Pers yang diadakan oleh Dinas Kominfo Kamis, 7 Desember 2023, di pendopo Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara Sumatera Utara pada sesi tanya-jawab dengan sejumlah Wartawan yang tugas peliputan dan terdaftar di Kominfo Kab. Tapanuli Utara.

Salah seorang Wartawan yang hadir dari Media Pristiwa News menyampaikan Pesan dari Masyarakat Petani, kepada Bupati, soal Langkahnya Pupuk bersubsidi jenis Phonska , dimana saat ini petani di Tapanuli Utara memasuki musim tanam Padi.

Menanggapi Pesan dar Masyarakat Petani tersebut, Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, MSi mengatakan soal penyaluran Pupuk Bersubsidi sudah punya aturan, dan mekanisme, yang harus dilakukan oleh Kelompok Tani.
Namun Bupati juga menyampaikan bila ada informasi sesuai dengan pesan dari Petani tersebut, Saya harap dilaporkan ke saya, di daerah mana, Bupati juga menambahkan,
Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, petani harus tergabung dalam kelompok tani, menyusun E-RDKK (Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok).

Sejumlah Masyarakat Petani di beberapa Kecamatan di Tapanuli Utara, belum Lama ini, O. Pasaribu Warga Pagarsinondi Kec. Tarutung mengatakan, ” sudah 5 bulan untuk Tahun ini kami Belum mendapatkan Pupuk bersubsidi jenis Phonska, pada hal untuk bulan ini musim tanam Padi sangat perlu pupuk tersebut, selain itu, kami juga butuh untuk pemupukan untuk tanaman jagung, “
Hal senada juga disampaikan warga Pagaran, kecamatan Pagaran, Rajin Hutasoit, dimana Pupuk Bersubsidi Phonska, Saat ini tidak tersedia dikios, pada hal, pupuk tersebut sangat kami butuhkan, “

Warga Desa Pariksabungan Kec. Siborongborong, F. Tampubolon mengatakan, pupuk bersubsidi jenis Phonska tidak ada dikios- kios, kalaupun ada harganya Rp. 7.000/Kg itupun kita dibatasi, hanya bisa beli hanya 15 Kg, untuk itu Kami Petani ini, mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara agar turun memantau kebutuhan Pupuk bersubsidi yang saat ini sulit diperoleh Kelompok Tani atau Warga Petani.

Diketahui, pemerintah Pusat hanya mengalokasikan anggaran pupuk subsidi tahun 2023 sebesar Rp 24 triliun. Nilai ini lebih rendah dari subsidi pupuk tahun lalu mencapai Rp 25,3 triliun.29 Apr 2023

Kuota pupuk bersubsidi Tahun 2023 untuk Kabupaten Tapanuli Utara akan didistribusikan ke petani sebanyak 18.937,67 ton. Pupuk bersubsidi tersebut meliputi, pupuk Urea sebanyak 9769 ton, NPK Ponska sebanyak 8737,67 ton dan NPK Formula Khusus sebanyak 431 ton.

ADVERTISEMENT
Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.