Senin, 26 Februari 2024

Variasi Moon Cake (Mid Autumn Festival) Kue Bulan

TIPS & TRIKVariasi Moon Cake (Mid Autumn Festival) Kue Bulan

Pristiwa.com | JAKARTA – Kue bulan yang sering kita dengan dan lihat terbuat di indonesia terbuat dari isian kacang hijau dan kacang merah, Orang bisa dengan mudah menemukan kue tersebut setengah gula di toko kelontong bertema Asia. Namun, apa sebenarnya moon cake, apa yang begitu penting tentang pertengahan musim gugur?

Secara tradisional, festival ini merayakan panen musim gugur yang bertepatan dengan bulan purnama paling terang. Waktunya jatuh pada hari ke-15 bulan kedelapan kalender China, yaitu 21 September pada 2021.

Di masa lalu, keluarga akan berkumpul (terutama untuk memanen tanaman), bersyukur atas panen yang berlimpah, dan berdoa untuk kebaikan satu sama lain. Kini, karena perkembangan teknologi dan praktik pertanian modern, festival pertengahan musim gugur adalah tentang memberi, menerima, dan makan kue bulan sebanyak mungkin.

Jadi apa itu kue bulan? Untuk menjelaskannya dengan cara yang paling sederhana, makanan itu adalah kue bundar kecil yang diisi dengan isian manis atau gurih. Ada banyak variasi moon cake yang berbeda di Asia. Namun, satu-satunya elemen yang umum adalah simbolisme bulan.


Kue bulan berbentuk bujur sangkar atau teratai, padat dengan kulit kecokelatan dan kenyal yang dicap dengan nama toko roti yang adalah versi Kanton. Ini adalah kue bulan paling dikenal di Australia, karena ledakan keuangan Hong Kong pada 1960-an, atau ketika kue itu dikomersialkan, dan menjadi barang hadiah populer. Kue ini biasanya diisi dengan pasta biji teratai, dengan tambahan satu atau dua kuning telur asin.

Dengan tren pemberian hadiah yang ekstrem dan sifat keberuntungan dari semua perayaan China, beberapa toko roti memasukkan hingga empat kuning telur asin ke dalam satu kue bulan. Alasannya, semakin banyak “bulan” yang Anda miliki, maka semakin banyak hadiah untuk penerima. Anda juga akan melihat pasta kacang merah, pasta kacang hijau, pasta wijen, dan campuran lima biji di beberapa kue bulan, meskipun tidak mudah ditemukan.

Beberapa toko roti juga telah memperkenalkan kue bulan setengah gula, karena pujian terbesar yang bisa diberikan orang China tentang manis adalah tidak terlalu manis. Kue bulan ini paling baik dibagikan dan dinikmati dengan teh dari teko.

Kue bulan Suzhou lebih kecil dari versi Kanton, terbungkus dalam lemak babi atau kerak mentega, dengan pasta biji teratai, kacang merah atau isi daging babi, dan dapat dikenali dari taburan wijen hitam di atasnya. Secara tradisional, kue bulan ini dimasak dalam wajan besi tuang, tetapi, kini pembuatannya lebih banyak dipanggang untuk produksi massal.

Kue bulan Teochew juga disebut kue bulan seribu lapis karena penampilannya. Kue ini dibuat dengan cara melapisi adonan berbahan dasar air dan berbahan dasar minyak menjadi satu. Isian talas, ubi, kacang merah, atau pasta kacang hijau ditambahkan sebelum digoreng.

kue bulan

Isian berbeda dari satu daerah dengan daerah lain, karena kue bulan adalah cara untuk memamerkan produk terbaik dari setiap daerah. Iklim di provinsi Yunnan sangat cocok untuk mengawetkan daging, menjadikan ham Xuanwei sebagai bintang kue bulan manis-gurih dari Yunnan. Kue bulan ini memiliki bagian luar yang renyah dan isian lembut dari potongan ham Xuanwei, lemak babi, madu, dan gula di daerah itu.

Pastry chef dari Buttermilk Pantry, Sara Tan, mencoba membuat kue bulan di rumah pada tahun ini. Tumbuh dengan perayaan festival pertengahan musim gugur yang kental, Tan menyimpan kenangan khusus tentang kue bulan.

“Karena kurangnya perjalanan internasional, saya ingin meluangkan waktu untuk mempelajari prosesnya,” kata Tan, dilansir The Guardian, Selasa (21/9).

Apakah kue bulan sulit dibuat? Jika Anda seorang pemula, Tan menyarankan Anda membeli pasta biji teratai (periksa bahannya, karena terkadang dicampur dengan pasta kacang) dan kuning telur asin yang sudah dimasak.

Jika ingin mengontrol jumlah garam dan gula di setiap elemen, Anda bisa membuat telur asin sendiri, dengan memisahkan kuning telur dari putihnya dan mengukusnya. Lalu, rendam, bersihkan, dan masak biji teratai sendiri untuk membuat pastanya.

Setelah proses memasak, kue bulan memerlukan beberapa hari penyimpanan dalam wadah kedap udara agar kulitnya melunak dengan tekstur yang benar dan warnanya menjadi lebih dalam.


“Saya melihat kue bulan sebagai dedikasi waktu dan perhatian,” ujar Tan.

Festival pertengahan musim gugur adalah salah satu dari sedikit tradisi yang telah mengalami perubahan dari waktu ke waktu. “Saya suka bagaimana kue bulan telah berevolusi dan menjadi wadah untuk rasa dan konsep kue baru,” kata Tan.

Kini, orang mungkin akan menemukan lebih banyak daya tarik dalam kue bulan bergaya kontemporer berkat keberadaan media sosial. Misalnya saja, kue bulan tanpa panggang.

Kulitnya terbuat dari tepung beras ketan yang dimasak, yang bisa diwarnai dan diberi bumbu, diisi dengan apa saja yang bisa diikat oleh kulitnya. Isi yang umum adalah es krim custard, cokelat, durian, mangga, dan boba milk tea. Kue bulan berbahan dasar jeli juga bisa, dan cukup mudah dibuat di rumah, bahkan ada resep vegannya.

Pada dasarnya, festival ini adalah perayaan panen, jadi selama Anda menikmati kue bulan yang memamerkan produk unggulan, maka tidak masalah apakah gaya yang Anda sukai modern atau konvensional.

ADVERTISEMENT
Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.