Minggu, 14 April 2024

10 Manfaat Sholawat Fatih Dan Artinya

TIPS & TRIKSIRAMAN QOLBU10 Manfaat Sholawat Fatih Dan Artinya

PRISTIWA.COM | Sholawat Fatih dan Artinya – Pembuka pintu kebaikan, diharapkan orang yang membaca shalawat Fatih ini dengan ikhlas kepada Allah Subhanahu Wa Taala dan mencintai Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Shalawat ini sebagai pembuka pintu-pintu kebaikan dan keberkahan, terkait urusan dunia dan akhirat.

Apa Itu Sholawat Al-Fatih?

Salah satu amalan yang mengandung keutamaan luar biasa adalah amalan Shalawat Fatih. Shalawat Fatih juga disebut sebagai shalawat pembuka pintu ‘arsy. Shalawat yang bisa dilafalkan seseorang agar segala persoalan yang dihadapi bisa terselesaikan dengan lancar (dipermudah). Dan shalawat fatih disusun Ulama Al-‘Arif al-Kabir Sayyid Muhammad Al-Bakri RA. Menurutnya shalawat ini dapat membantu menghapus dosa dan mempermudah seseorang untuk mendapatkan (masuk) surga.

Keutamaan dan Manfaat Sholawat Fatih

Sholawat Fatih Dan Artinya
Gambar Al-Quran hitam putih diambil dari Pixabay

Ini manfaat dan keutamaan Shalawat Al-Fatih:

  1. Bertemu dengan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dalam mimpi, membaca shalawat Fatih pada Kamis malam atau Minggu malam sebanyak 1000 kali. In sya Allah akan didatangi oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di dalam mimpi.
  2. Melipat gandakan pahala, Dengan membaca sholawat Fatih, maka akan dilipat gandakan pahalanya.
  3. Menambah Pahala, memiliki bekal amal atau pahala sebanyak-banyaknya untuk kehidupan akhirat merupakan suatu keharusan. Salah satu cara untuk menambah bekal tersebut adalah dengan mengamalkan shalawat Fatih.
  4. Menambah pahala seperti ibadah para Wali Allah, membaca shalawat Fatih sebanyak 10 kali pada malam Jum’at maka pahalanya setara dengan ibadah para wali Allah selama 1 juta tahun.
  5. Menyamai pahala segala dzikir, keutamaan membaca shalawat Fatir yaitu apabila dibaca sekali saja, maka ia akan memperoleh pahala seperti orang yang membaca keseluruhan jenis dzikir.
  6. Dosa selama 400 tahun terhapuskan, membaca shalawat Fatih sebanyak 100 kali pada malam Jum’at dipercaya dapat menghapus dosa-dosa selama 400 tahun.
  7. Dapat menetapkan iman, membaca shalawat Fatih secara rutin maka imannya akan dikuatkan dan menetap hingga akhir ajalnya. Dan meninggal dalam kondisi husnul khotimah.
  8. Dijauhkan dari malapetaka, menurut beberapa ulama, seseorang yang membaca shalawat Fatih sebanyak 20 kali setiap selesai shalat fardhu maka hidupnya akan dijauhkan dari keburukan duniawi.
  9. Dibebaskan diri dari siksa api neraka, dengan membaca shalawat Fatih, in sya Allah akan terbebas dari siksa api neraka. Seperti juga shalawat lainnya, shalawat Fatih akan membantu untuk memperoleh syafaat Nabi Shallallahu Alayhi Wasallam ketika di padang mahsyar dan yaumul mizan. Jika memperoleh syafaat ini, maka akan memperoleh salah satu dari beberapa kemungkinan syafaat. Kemungkinan itu adalah dipercepat masuk surga, masuk surga tanpa hisab, dan ditambah berat amal kebaikannya.
  10. Terbebas dari siksa neraka, membaca shalawat Fatih walaupun hanya sekali seumur hidupnya maka orang tersebut terbebas dari siksa neraka dalam artian tidak akan masuk neraka.

Bacaan Sholawat Fatih dan Artinya (Latin & Arab)

Berikut ini adalah bacaan sholawat fatih yang asli:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

ALLAHUMMA SHALLI WA SALLIM WA BAARIK ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADINIL FAATIHI LIMAA UGLIQA WAL KHAATIMI LIMAA SABAQA WANNAASHIRIL HAQQAA BIL HAQQI WAL HAADII ILAA SHIRAATIN MUSTAQIIM. WA ‘ALAA AALIHII WA ASHHAABIHII HAQQA QADRIHII WA MIQDAARIHIL ‘AZHIIM.

Arti Sholawat Fatih:

Ya Allah limpahkanlah shalawat salam dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu pembela yang hak dengan yang hak dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.

Kapan Waktu Untuk Mengamalkannya?

Waktu membacanya bisa dilakukan kapan saja dengan tujuan untuk menjauhkan diri dari rasa gelisah, setelah shalat lima (5) waktu, setelah shalat-shalat sunnah seperti duha & tahajud, dan setelah tahlil, istighasah dan ibadah lain sebagainya. Namun amalan ini lebih dianjurkan pada malam Jumat dan setelah sholat fardhu, lebih baik lagi jika pengamal istiqomah (konsisten) dalam mengamalkannya.

ADVERTISEMENT


Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.